RU VI Dorong Pekerja Wanita Mengambil Peran Signifikan dalam Perusahaan.

Nur 7

Cybernusa.id – Indramayu

Sabtu, 23-12-2023 – Memperingati hari Ibu Nasional yang ke-95 pada 22 Desember 2023, PT Kilang Pertamina Internasional melalui Srikandi (Pekerja Wanita) RU VI dan Serikat Pekerja Pertamina Bersatu Balongan (SP-PBB) menggelar Talk Show dengan tema “Women in Energy : Balancing Multiple Roles of Women in Oil & Gas Industry” di Gedung PWP, Perumahan Bumipatra, Indramayu.

Talk Show tersebut menghadirkan Ibu Rukmi Hardi Hartini (Eks. Direktur Pengolahan dan Direktur SDM PT Pertamina (Persero)) dan Dewi Kurnia Salwa (VP HC PT KPI) dengan Devi Andarwani (Section Head Planning & Scheduling RU VI) selaku Moderator.

General Manager RU VI Sugeng Firmanto menyampaikan selaras dengan tema nasional hari ibu “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”, Sugeng mengajak Srikandi RU VI untuk memiliki keberanian untuk menyampaikan aspirasi, gagasan, dan ide-ide untuk kemajuan perusahaan.

Mengambil peran dalam pengambilan keputusan melalui karya-karya yang nyata dan memiliki kepedulian dalam berbagai isu dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara serta mengambil peran dan kontribusi dalam setiap perubahan dinamika untuk kemajuan bangsa.

Dalam kesempatan tersebut Sugeng menegaskan Pekerja Wanita mempunyai hak, kewajiban serta kesempatan yang sama untuk mengembangkan karir di RU VI.

“Melalui peringatan Hari Ibu ini semoga menjadi momentum bagi Srikandi RU VI untuk lebih semangat bekerja dan menghasilkan karya bagi PT KPI”, kata Sugeng.

Sementara itu, Ketua Umum SP-PBB Wawan Darmawan berpandangan bahwa Srikandi RU VI harus menjadi warna yang melengkapi keberagaman di RU VI.

“SP-PBB selalu mendorong aspirasi serta pengembangan diri seluruh Pekerja termasuk Pekerja Wanitanya”, ujarnya.

Wawan menambahkan, walaupun memiliki komposisi lebih sedikit Pekerja Perempuan harus tetap memberikan kontribusi bagi perusahaan karena kesempatan yang diberikan pun sama.

Section Head Refinery Planning Astri Agustiana Sari yang juga Ketua Srikandi RU VI mengungkapkan saat ini Pekerja perempuan berjumlah sekitar 4% dari seluruh Pekerja RU VI.

“semoga kedepannya semakin banyak Pekerja Perempuan di lingkungan PT KPI sehingga banyak membuka ruang diskusi yang lebih luas”, harapnya.

Astri juga berharap melalui Talk Show ini semoga Srikandi RU VI dapat memperoleh insight bagaimana untuk tetap dapat meningkatkan karir yang beriringan dengan tanggung jawab sebagai Ibu Rumah Tangga.

Pada Sesi talk show Ibu Rukmi Hardi Hartini selaku narasumber memaparkan perempuan mempunyai kelebihan mempunyai pola pikir yang terstruktur dan lebih teliti dan pada dasarnya perempuan dapat menjadi pemimpin.

“Perempuan dapat mencapai target yang juga dibebankan untuk Pekerja Pria”, terangnya.

Jangan memposisikan kita sebagai beban, makhluk lemah, cengeng atau manja dan usahakan kontribusi yang kita berikan lebih besar, ujarnya.

Pada kesempatan berikutnya Dewi Kurnia Salwa membagikan tips bagaimana agar dapat mencapai keseimbangan dalam kehidupan dan pekerjaan.

“Pada dasarnya kita harus mempunyai atau mencapai kesepakatan dalam keluarga agar tercipta saling mengerti”, ungkapnya.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah kebahagiaan dan kebanggaan, jadikan diri kita selalu bahagia dan menjadi kebanggaan keluarga. Karena saat kita berbahagia segala urusan dapat diselesaikan dengan baik, tutupnya. ( Anggi )

Berita Terkait

Tinggalkan komentar